LOMBA MENULIS FLASH TRUE STORY “WANITA INSPIRATIF INDONESIA

Tak terasa, sebulan lagi, kita akan dipertemukan kembali dengan peringatan hari Kartini. Ya, sebuah peringatan hari nasional, untuk mengenang sosok pahlawan wanita inspiratif Indonesia, yang telah memperjuangkan emansipasi wanita atau dengan kata lain, beliau telah memperjuangkan kesetaraan kedudukan antara pria dan wanita di Indonesia.

Setelah berabad-abad berselang—hingga kini—perjuangan beliau semakin terasa maknanya. Atas perjuangan tersebut, telah lahir Kartini-Kartini baru yang tentunya dapat menjadi inspirator bagi wanita-wanita generasi penerus bangsa.

Berkiblat dari uraian di atas, kali ini, saya beserta segenap Tim Kreatif Penerbit Meta Kata, bermaksud menyelenggarakan sebuah lomba menulis flash true story (kisah nyata) tentang wanita inspiratif Indonesia, menurut pandangan Kawan-Kawan Penulis. Misalnya, wanita tersebut adalah sang bunda di rumah, ibu guru di sekolah, dan sahabat di lingkungan pergaulan sebaya. Yang terpenting, kisah yang Kawan-Kawan Penulis narasikan nantinya, merupakan jawaban dari pertanyaan: Siapakah wanita inspiratif menurut pandangan, Anda? Dan perjuangan apa saja yang telah dilakukan wanita tersebut hingga Anda terinspirasi?

Selanjutnya, untuk Kawan-Kawan Penulis yang ingin ikutserta berpartisipasi dalam lomba saya kali ini, berikut persyaratannya:
1. Lomba terbuka hanya untuk wanita Indonesia.
2. Penerimaan naskah dibuka dari tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2014 (pukul 23:59 WIB).
3. Membagikan info lomba ini ke minimal 20 teman facebook, twitter, atau posting di blog pribadi (pilih salah satu).
4. Klik “suka” pada halaman facebook “Penerbit Meta Kata” dan bergabung menjadi anggota grup facebook “Pena Meta Kata”, dengan tujuan mempermudah para peserta untuk mengakses info lebih lanjut seputar lomba ini.
5. Naskah dalam bentuk flash true story bertema “Wanita Inspiratif Indonesia”, dengan panjang naskah maksimal 500 kata, ditambah biodata narasi maksimal 50 kata (lengkapi dengan akun facebook dan alamat email). Jadi, total naskah ditambah biodata narasi maksimal 550 kata (naskah dan biodata narasi tidak boleh dipisahkan).
6. File naskah dalam format doc. (Ms. Word 2003/2007); kertas A4, font Time New Roman 12pt, spasi 1.5 cm, dan batas margin rata-rata 3 cm (1,18 inci) untuk setiap sisi.
7. Naskah yang telah memenuhi persyaratan di atas, dikirim ke email: arvelristy13@gmail.com (tulis subjek email dan nama file: Judul_Nama Penulis). Jangan menyepelekan masalah subyek dan nama file karena untuk mempermudah PJ untuk mendata.
8. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya.
9. Daftar peserta bisa dilihat di dokumen grup facebook Pena Meta Kata, dengan nama dokumen: Update Peserta Event Kartini (setiap hari Senin atau Kamis, tergantung waktu luang dari Pj. lomba).
10. Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 18 April 2014.
11. Akan dipilih 3 naskah terbaik dan (…) naskah favorit tim juri, yang masing-masing akan mendapatkan penghargaan berupa:
Terbaik I: Pulsa Senilai Rp 30.000 + Voucher Penerbitan Senilai Rp 100.000 + E-sertifikat + Naskah Diterbitkan + Diskon 10% Setiap Order Buku Terbit
Terbaik II: Pulsa Senilai Rp 20.000 + Voucher Penerbitan Senilai Rp 100.000 + E-sertifikat + Naskah Diterbitkan + Diskon 10% Setiap Order Buku Terbit
Terbaik III: Voucher Penerbitan Senilai Rp 100.000 + E-sertifikat + Naskah Diterbitkan + Diskon 10% Setiap Order Buku Terbit

Naskah-naskah pilihan juri (seluruh kontributor pilihan) akan diterbitkan + Diskon 10% Setiap Order Buku Terbit
#Catatan: Hadiah dalam bentuk VOUCHER PENERBITAN, hanya berlaku selama 6 bulan setelah pengumuman lomba dan tidak dapat diuangkan juga tidak dapat digabungkan dengan voucher lainnya.

Akhir kata, saya ucapkan selamat berkarya dan selamat berkompetisi!!!

RA Kartini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s