SIAPKAH MENULIS HARI INI?

Kesalahan terbesar dari banyak orang dalam menulis adalah segera menilai kalimat atau paragraf pertama yang dituliskan, menimbang-nimbang kata-kata yang pas sampai akhirnya macet di sana dan berkesimpulan tidak bisa melanjutkan. Jangan biarkan otak kiri mengatur dan mengomentari terlalu banyak. Fokus pada menuangkan isi pikiran Anda terlebih dahulu. Setelah selesai baru manfaatkan otak kiri Anda untuk menyusun dan menata sehingga menjadi tulisan yang renyah, berkualitas dan enak dibaca.

 

Adapun pendekatan yang lain adalah langsung menulis. Cara ini biasanya gaya seniman. Biasanya yang perlu dimiliki hanyalah judul dan setelahnya biarkan jari-jari mengalir di atas keyboard. Apapun yang ingin dituliskannya. Setelah selesai bisa melakukan review singkat atau koreksi jika ada hal-hal mendasar yang perlu diperbaiki. Cara ini biasanya lebih orisinil dan seringkali muncul ide-ide atau pilihan kata yang tidak terduga di tengah-tengah tulisan.

 

Jadi cara apapun yang Anda sukai, lakukanlah. Yang pasti hilangkan dulu hambatan terbesar yakni diri Anda sendiri. Bayangkan betapa berharganya nanti apa-apa yang Anda pernah tuliskan buat diri sendiri, anak cucu maupun orang lain. Dengan menulis, Anda juga bisa melihat perkembangan diri secara pribadi lewat perubahan dari tulisan Anda seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman.

 

Siapkah anda menulis hari ini?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s