AUDISI PENULIS BUKU ANTOLOGI PUISI “KILASAN JEJAK”

Enaknya ngapain ya? Daripada bengong, nulis-nulis nggak ada konsep, mendingan ikut lomba menulispuisi yuk! Keren lho! Nggak percaya? Simak saja ketentuan di bawah ini ya?

1.     Lomba terbuka untuk umum.

2.     Naskah adalah karya sendiri (bukan saduran) dan belum pernah dipublikasikan lewat media manapun.

3.     Naskah ditulis dalam file Microsoft Word 2003/2007, jenis kertas A4, spasi 1,5; batas margin 3 cm (1,18 inci)  untuk setiap sisi. Satu puisi tidak boleh lebih dari 1 halaman.

4.     Naskah dikirim ke email : riskanindam@yahoo.com berupa attachment bukan di bodi email dengan subjek email : Puisiku_Nama Akun FB dan subjek file : Nama Penulis.

5.     Menyertakan biodata narasi tidak boleh lebih dari 50 kata dan dijadikan satu dengan naskah (ditulis di lembar bawah naskah). Dilarang mengirimkan biodata narasi dalam file berbeda! Karena akan mempersulit proses pendataan.

6.     Tema : Kehilangan.

7.     Setiap peserta wajib mengirimkan 3 naskah terbaiknya dengan judul : “Kilasan Jejak”, “Deja VuRindu”, dan “Terpuruk”.

8.     Menyertakan tanggal pembuatan puisi.

9.     Lomba ini dibuka pada tanggal 14 Mei 2012 s.d 31 Mei 2012 (Jam 24:00 WIB)

10.  Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2012 di note Riskaninda Maharani. Dengan agenda pengumuman nama 50 nominator (seleksi 1). Seleksi 2 yaitu pengumuman ketujuh nama pemenang akan dilaksanakan setelah dana terkumpul bersama. Untuk menjaga kemungkinan adanya nominator yang lolos dan tidak bersedia mengikuti proses selanjutnya. Diperkirakan akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2012.

11.  Keputusan Dewan Juri mengikat, tidak bisa diganggu gugat, dan tidak diadakan surat-menyurat.

12.  Tag info lomba ini ke minimal 30 orang sahabat FB. Dilarang men-tag info lomba ke penyelenggara lomba. Syarat ini akan dilihat jika penulis masuk nominasi. Dalam hal penulis masuk nominasi dan tidak ada note lomba ini dalam FB-nya, maka akan didiskualifikasikan secara otomatis. Sehingga, dimohon kepada peserta untuk tidak menghapus note ini selama lomba berjalan.

13.  Akan dicari 50 nominator yang naskahnya akan dibukukan bersama naskah para juri. Dan ke semua nominator akan mendapatkan 1 eks buku bukti terbit.

Akan dicari 7 pemenang dengan hadiah sebagai berikut :

Juara I : 1 eks buku antologi puisi “Senandung Alam”+ 1 eks buku “Resolusi Hebatku” + 2 eks buku bukti terbit.

Juara II : 1 eks buku antologi puisi “Senandung Alam”+ 1 eks buku “Resolusi Hebatku” + 1 eks buku bukti terbit.

Juara III : 1 eks buku antologi puisi “Senandung Alam” + 1 eks buku “Resolusi Hebatku”.

Juara harapan I s/d III : 1 eks buku antologi puisi “Senandung Alam”.

Satu penulis dengan puisi “Kilasan Jejak” terbaik : 1 eks buku antologi puisi “Senandung Alam”.

Nama ketujuh penulis tersebut akan tercantum dalam cover depan. Dan puisi “Kilasan Jejak” terbaik akan ditulis sebagai sinopsis di cover belakang buku.

14.  Update peserta akan dilakukan melalui note Riskaninda Maharani.

15.  Peserta harus bersedia mengikuti ketentuan mengikat (terlampir) jika berhasil lolos menjadi nominator.

Ketentuan mengikat:

Sebagai upaya untuk menghasilkan karya yang berkualitas, peserta lomba yang berhasil lolos sebagai nominator audisi buku antologi puisi “Kilasan Jejak” diwajibkan untuk membayar dana “investasi” Rp.100.000,- ke penyelenggara lomba. Info tentang proses pengiriman/transfer dana ke rekening bank akan dibahas setelah diketahui nama-nama nominator lomba. Dan pentransferan dana akan berlangsung selama 2 minggu sejak tanggal 15 Juni 2012 hingga 30 Juni 2012. Sehingga diharapkan koordinasi dan kerja samanya yang baik antara para nominator.

Berikut bayangan transparansi dananya :

a.      Dana sebesar Rp. 1.000.000,- akan digunakan untuk pengganti biaya penerbitan bersama. Karena akan diterbitkan oleh penerbit indie ternama.

b.     Dana sebesar Rp. 50.000,- x 50 orang = Rp. 2.500.000,- akan digunakan untuk pengganti biaya cetak 50 eksemplar buku terbit. Harga buku diperkirakan sekitar Rp. 50.000,- / eks.

c.      Dana sebesar Rp. 20.000,- x 50 orang = Rp. 1.000.000,- akan digunakan sebagai pengganti ongkos kirim buku. Harga ongkos kirim diambil rata-rata untuk kisaran Jawa dan Sumatra.

d.     Dana sebesar Rp. 500.000,- sebagai pengganti hadiah lomba.

Jadi, intinya per orang akan dikenakan pembebanan sebesar = Rp. 20.000,- (pengganti biaya penerbitan) + Rp. 50.000,- (pengganti biaya cetak buku terbit) + Rp. 20.000,- (pengganti ongkos kirim) + Rp. 10.000,- (pengganti hadiah lomba).

Semua hal di atas itu bersifat kisaran alias bayangan rata-rata. Sehingga, dalam hal adanya kekurangan dana adalah tanggungan dari penyelenggara lomba. Namun, dalam hal kelebihan dana, dana tidak bisa ditarik kembali. Dan untuk itu, kelebihan dana akan diberikan kepada “orang yang membutuhkan” alias akan menjadi amal bersama dari ke semua nominator.

 

Semua proses lomba ditangani secara profesional. Insyaallah buku kita juga bermutu, karena lahir dari sebuah kompetisi.

Demikian info lomba ini kami sampaikan. Sebelumnya, kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua penulis yang berkenan ikut berpartisipasi.

 

Salam karya,

Cirebon, 14 Mei 2012

 

 

Penanggung Jawab Lomba:

Riskaninda Maharani dan Homsin Alatas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s