UTS #1-Akpem II

Ujian Akuntansi Pemerintahan II, 7 Mei pukul 11 siang

Satu hari yang melelahkan. Saat diharuskan untuk berkutat dengan jurnal anggaran. Lalu ditambah dengan suasana ruangan yang sangat ramai. Bagaimana tidak? Enam kelas digabung menjadi satu dalam sebuah ruangan besar (aula). Meski terasa kebersamaan kami, tapi tak bisa menutup rasa gundah yang selalu membayangi.

Tak bisa berpikir saat salah satu dari (sekitar) 230 mahasiswa keluar ruangan. Pasti mental yang akan tertawan. Jika tak bisa melawan keinginan/gengsi di antara kawan, pastilah ketergesaan yang akan muncul.  Tak hanya perang melawan soal, pun dengan mental.

Tapi, untuk hari hari pertama UTS ini, hal itu belum terjadi. Mungkin saja para mahasiswa akuntansi masih menikmati. Mungkin juga berharap bisa mencetak nilai yang membanggakan untuk ujian kali ini. Entahlah. Yang pasti, tadi siang suasananya sangat kondusif untuk berkonsentrasi memikirkan jurnal dan nominal.

150 menit kami mencoba mengakrabkan diri dengan lembar jawab. Tak terkecuali denganku. Setelah menunggu beberapa lama untuk mendapatkan soal plus lembar jawab itu (tadi sempat kesal sama pengawas, agak lama. Padahal yang lain sudah mulai membaca soal dan menjawab. Tapi deretanku belum juga dapat). Lalu mulailah mengisi kolom biodata, No absen, NPM, kelas, nama, nama dosen, nama mata kuliah, dan terakhir tanda tanga. Mulai membaca baris demi baris. Melingkari kata kunci. Lalu memilih jawaban yang sekiranya benar.

Sudahkah aku bercerita? Jika ada larangan mencontek untuk para mahasiswa STAN? Hmm… berat juga sanksinya jika ketahuan pengawas. Bisa-bisa kami dicatat dalam berita acara, lalu diberi nilai E untuk mata kuliah yang bersangkutan, yang artinya DO. Ngeri sangat pokoknya. Oleh karena itu, suasana dalam ruangan tadi sangat hening. Tak ada yang berani menegok kanna-kiri untuk mencari sesuap jawaban. Benar-benar ujian kejujuran dan integritas.

Agak lega juga tadi. Apalagi ketika tahu sudah di menit-menit akhir, tak ada kendala yang berarti. Bisa dibilang, belajarku sukses. semoga saja sesuai dengan harapan. Pun dengan ujian untuk mata kuliah yang lainnya. Semoga….

Ini sebuah permulaan yang bagus. Tinggal bagaimana kita bisa menjaganya sampai akhir. Tetap menyiapkan amunisi yang terbaik. Pun dengan doa. Karena hanya Dia penentu segalanya.

Keep fighting untuk mata kuliah Perpajakan II besok. Wish PPN be nice tomorrow. Doakan kami, kawan.

 

 

Gedung G, Kampus STAN

2L Akuntansi

Aila Nadari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s