Senyumku di Stasiun Pasar Senen

Klaten-Jakarta. Hampir 12 jam aku di perjalanan. Biasanya tak sampai 10 jam aku duduk di dalamnya. Mungkin karena lokomotif yang ngambek semalam. Akhirnya sampai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Meski molor. Membuat estimasi waktu istirahatku berkurang. Aih… tak apalah, yang penting sampai, meski waktu kuliah tinggal empat jam.

Keluar. Kujumpai lagi udara pagi Ibukota. Pengap meski usai hujan. Mungkin tadi hujan asap. Kutarik koper. Berharap lekas sampai di kost. Sudah berencana naik taksi saja. Lebih cepat. Apalagi hari ini Senin. Konon, hari yang sangat sibuk untuk mengenyam asa.

Berjalan beriring dengan para penumpang sangat tidaklah nyaman. Aku benci keramaian. Lalu kupindah jalur perjalanan. Berharap lekas sampai di gerbang. Tampilan stasiun berubah. Lebih cantik. Ada pembatas antara peron keberangkatan dan kedatangan. Kaca. Bukan tembok atau semacamnya. Jadi masih bisa melihat umat-umat yang ada di seberang sana.

Sambil menikmati perjalanan singkat di stasiun. Kulihat kereta menuju Jogja telah siap diberangkatkan. Kalau saja hari ini tak ada kuliah, ingin rasanya masuk lagi dalam kereta lalu sampailah di Jogja. Pulang….

Banyak juga penumpang pagi ini. Sampai-sampai kursi di peron tak muat untuk mereka semua. Mungkin mereka mau liburan. Ah, mereka berlibur dan aku harus kembali berkutat dengan kegiatan yang kusebut dengan kuliah…. Lama aku berjalan. Ternyata peron ini panjang. Tempatku turun tadi mungkin ada di ujung. Jauh dari terowongan pintu keluar.

Ahh… pembatasnya sampai di terowongan mau keluar. Dari tempatku belok arah tadi kan jauh sangat. Malas banget balik lagi ke sana, aku juga takkan mau.  Malulah dengan penumpang lainnya. Bagaimana ini? Waktuku pun semakin mepet…. Ada jembatan kecil di sana. Mungkin aku bisa lompat. Tapi, ternyata lumayan tinggi. Tuhan….

Kutengok sekeliling. Dan….

“Mbak, boleh saya numpang lewat?” ucapku pada petugas toko[1].

 

Aila Nadari


[1] Toko di sana menghubungkan jalur kedatangan dan keberangkatan. Terdapat pintu di setiap sisinya.

Tinggalkan Balasan

